RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Assisten Pembuat
Pakaian
Alokasi
Waktu :
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan Prosedur keselamatan kerja
B. Kompetensi Dasar
1.
Mengikuti prosedur keselamatan kerja di
tempat kerja
C. Indikator
1.1
Menyebutkan konsep dasar dan fungsi
serta tujuan keselamatan kerja di tempat kerja
1.2
Mengikuti prosedur keselamatan kerja
sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan menerapkanya di tempat kerja
1.3
Mengausai cara pengoperasian alat dan
sarana keselatan kerja di tempat kerja
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu mengikuti standar prosedur keselamatan kerja di tempat kerja
2. Peserta
didik mampu menjaga srandar prosedur keselamatan kerja
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a.
Salam pembuka
b.
Free Test
2. Kegiatan Inti
a.
Menjelaskan tentang konsep dasar dan
lingkup prosedur keselamatan kerja yang mencakup pengertian dan fungsi serta
tujuan prosedur keselamatan kerja di tempat kerja
b.
Mengikuti penataran prosedur keselamatan
kerja di tempat kerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan
c.
Menjaga kebersihan diri dan memakai
pakaian yang dipersyaratkan
d.
Menjaga kebersihan secara sistematis dan
terarah
e.
Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja
dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan kerja, mewujudkan kepatuhan pada
standar operasional prosedur keselamatan kerja dan merespon dengan cepat dan
tepat pada keadaan darurat
3. Kegiatan Akhir
Pembelajaran diakhiri dengan pust test dan ditutup
dengan salam
F. Sumber Pembelajaran
Modul SMK
G. Metode
Demontrasi dan
Tanya jawab
H. Penilaian
Evaluasi
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Assisten Pembuat
Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Menjahit dengan alat jahit tangan
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan tempat dan alat kerja serta
menggunakan alat jahit tangan
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Mengidentifikasi macam macam pekerjaan
menjahit dengan alat jahit tangan
1.3
Mengidentifikasi alat kerja sesuai
dengan kebutuhan
1.4
Memilih alat kerja sesuai dengan
kebutuhan
1.5
Menerapkan keselamatan kerja dengan
tepat
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu menyiapkan tempat kerja
2. Peserta
didik mampu menggunakan alat jahit tangan
3. Peserta
didik mampu memelihara dan menyimpan alat jahit tangan
4. Peserta
didik mampu mengetahui keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
menjahit dengan alat jahit tangan
E.
Materi Ajar
Menjahit dengan alat jahit tangan
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam dan
berdo’a
2.
Kegiatan Inti
1)
Pelaksanaan Pembelajaran
a.
Menyiapkan tempat kerja dan alat sesuai
ergonomic antara lain : tinggi meja, peralatan untuk menjahit tangan, jarum
tangan dan benang
b.
Menerapkan prosedur keselamatan kerja
dalam menjahit dengan tangan yaitu alat penutup jari selalu dipakai dalam
pekerjaan
c.
Menyiapkan peralatan kerja sesuai dengan
kebutuhan
d.
Mengikuti dengan tepat dan benar
menggunakan peralatan
e.
Mengerjakan tugas penyelesaian pakaian
sesuai prosedur dan desain antara lain :
ü Penyelesaian
leher/krah
ü Penyelesaian
lengan dan kirung lengan
ü Penyelesian
tepi pakaian, dilipat, dikilim atau dineci sebagai hiasan
ü Penyelesaian
kilim dan rumah kancing
ü Penyelesaian
teknik memasang kancing
ü Merapikan
dan membersihkan peralatan sesuai dengan peraturan yang berlaku
f.
Memelihara alat jahit tangan dan
menyimpan secara sistematis di tempat penyimpanan
g.
Membuat daftar inventaris peralatan
jahit tangan
2)
Bahan
a.
Kain (bahan) yang sudah dipotong sesuai
degan desain dan siap dijahit
b.
Benang sesuai dengan warna bahan
3)
Peralatan Praktek
a.
Mesin jahit
b.
Jarum tangan dan jarum pentul
c.
Gunting
d.
Alat pendedel
e.
Kapur jahit
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaan
diakhiri dengan tanya jawab dan ditutup dengan do’a serta salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku paket dari Dinas Pendidikan
2.
Buku yang relevan
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Hasil praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Assisten Pembuat
Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Menjahit dengan
mesin I
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan tempat, alat kerja dan
menyiapkan serta mengoperasikan mesin jahit
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Mengidentifikasi macam macam pekerjaan
yang dijahit sesuai dengan alat jahit yang dibutuhkan
1.3
Menyiapkan alat jahit sesuai dengan
kebutuhan
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
mampu menjahit dengan mesin I
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja secara
ergonomis
2.
Cara mengidentifikasi macam macam
pekerjaan yang dijahit sesuai dengan alat jahit yang dibutuhkan
3.
Cara menyiapkan alat jahit sesuai dengan
kebutuhan
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka,
do’a dan free test
2.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menyiapkan tempat kerja
sesuai dengan kebutuhan
2.
Melaksanakan prosedur keselamatan kerja
sesuai dengan persyaratan, antara lain :
ü Mengikat
rambut bila rambut panjang
ü Memakai
masker penutup hidung
ü Memakai
alas kaki supaya tidak terkena aliran listrik
ü Mengenakan
penutup jari ketika menjahit dengan tangan
ü Menyiapkan
mesin jahit manual yang siap pakai
ü Memasang
spol, skoci dan jarum mesin dengan tepat
ü Mengatur
tegangan benang dan jarak setik’an sesuai dengan spesifikasi bahan pakaian
ü Mencoba
setik’an mesin dengan bahan lain
ü Memeriksa
dan menyesuaikan hasil jahitan dengan standar jahitan
ü Menyiapkan
bagian bagian potong baan pakaian dan dapat menjahit dengan rapid an tepat
ü Menyesuaikan
dan menjaga menerapkan prosedur keselamatan kerja dengan patuh pada pertauran
yang telah ditetapkan
ü Merawat,
menyimpan alat kerja dan alat jahir dengan benar
ü Merapkan
tempat kerja sesuai dengan petunjuk yang berlaku
3.
Kegiatan Akhir
Kegiatan
diakhiri dengan post test dan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku paket Dinas Pendidikan
2.
Modul SMK
3.
Buku buku yang relevan
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Hasil Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK
WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Assisten Pembuat
Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Melakukan
Penyetlikaan
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan tempat, alat kerja dan
menyetlika bagian bagian pakaian
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat duduk untuk pekerjaan
menyetlika
1.2
Mengidentifikasi dan menyipakan alat
alat untuk menyetlika
1.3
Mengidentifikasi bahan yang akan
disetlika
1.4
Mengetahui langkah langkah kerja yang
benar untuk menyetlika
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menyiapkan alat dan
tempat kerja
2.
Peserta didik mampu menyetlika bagian
bagian pakaian
3.
Peserta didik mampu menyimpan pakaian
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja untuk
pekerjaan menyetlika
2.
Identifikasi alat alat untuk
penyetlikaan
3.
Identifikasi jenis bahan yang akan
disetlika
4.
Langkah langkah kerja penyetlikaan
sesuai dengan prosedur
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
dan free test
2.
Kegiatan Inti
a.
Menyiapkan tempat kerja, yaitu ruang
penyetlikaan yang nyaman dengan sirkulasi udara yang bebas
b.
Menerapkan prosedur keselamatan kerja,
antara lain :
ü Pada
waktu menyetlika menggunakan alas kaki
ü Menggunakan
alas dari bahan polos putih dan meletakannya di atas pakaian yang akan
disetlika untuk menghindari kerusakan
ü Memeriksa
kabel setlika
ü Memeriksa
tombol setlika dan memeriksa stop kontak
c.
Menyiapkan alat setlika sesuai dengan kebutuhan
ü Menentukan
dan memilih setlika yang akan digunakan
ü Bantalan
setlika membentuk panggul, lengan, bahu dan yang rata
ü Alat
semprot
ü Air/pewangi
pakaian
ü Alas
setlika
d.
Menyiapkan meja setlika lengkap bersama
kursinya
e.
Mengatur suhu setlika sesuai dengan jenis
bahan, antara lain katun dengan suhu panas
dan bahan sutera dengan suhu sedang
f.
Menyetlika pakaian sesuai dengan
prosedur, yaitu dari yang kecil kemudian bagian yang besar secara sistematus
dan berurutan
g.
Menghilangkan noda yang tidak terlalu
parah dengan obat penghilang noda dan apabila sulit diatasi sebauiknya dibawa
ke binatu
h.
Teknik menyimpan pakaian bermacam macam
tergantung bahannua, misalnya dengan cara menggantung dan di bungkus plastic,
dengan cara melipat secara rapid an benar yang selanjutnya disimpan dalam
almari, dengan melipat dan memasukan ke dalam plastik
i.
Memilih dan menentukan cara penyimpanan
pakaian dengan benar
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan post test dan selanjutnya ditutup dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
Pengalaman
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Evaluasi dan
praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK
WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Assisten Pembuat
Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Memelihara alat
jahit
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyipakan alat, tempat kerja dan
memelihara alat jahit, alat bantu dan alat pendukung
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Menyiapkan alat kerja layak pakai sesuai
dengan kebutuhan
1.3
Mengidentifikasi alat jahit sesuai
dengan jenis dan spesifikasinya
1.4
Memelihara alat jahit, alat bantu dan
alat pendukung secara teratur
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menyiapkan tempat
dan alat kerja
2.
Peserta didik mampu memelihara alat
jahit, alat bantu dan alat pendukung
3.
Peserta didik mampu memperbaiki alat
jahit dan alat pendukung
4.
Peserta didik mampu menyimpan dan
memelihara alat jahit dan alat pendukung
E.
Materi Ajar
1.
Macam macam alat kerja layak pakai
2.
Alat alat jahit sesuai jenis, fungsi dan
spesifikasinya
3.
Cara memelihara alat jahit, alat bantu
dan alat pendukung secara teratur
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Salam pembuka dan free test
2. Kegiatan
Inti
a.
Menyiapkan tempat kerja sesuai dengan
kebutuhan
b.
Melaksanakan prosedur keselamatan kerja
dalam melaksanakan tugas
c.
Menyiapkan perlengkapan/alat untuk
pemeliharaan alat jahit
d.
Mengidentifikasi alat jahit sesuai
dengan fungsinya
ü Memeriksa
alat alat jahit, mencatat/membuat inventaris tentang jumlah, kondisi alat, baik
atau rusak, diperoleh dari pembelian mana, merk serta typenya
ü Memelihara
alat jahit, alat bantu jahit dan alat pendukung secara teratur/rutin ( membersihkan dan member minyak
mesin )
e.
Memperbaiki alat jahit, alat bantu jahit
dan alat pendukung bila terjadi kerusakan kecil
ü Apabila
kerusakan paah dapat merekomendasikan untuk di servis atau mendatangkan teknisi
khusus
ü Menyiapkan
alat jahit, alat bantu jahit dan alat pendukung di tempat yang sudah ditentukan
dalam keadaan aman, rapid an selalu dalam kondisi siap pakai
ü Mencatat
alat jahit, alat bantu dan lat pendukung yang dibuat formatnya agar dapat
diketahui segera
f.
Menyimpan dan memeriksa alat jahit dan
perlengkapan kerja sesuai dengan prosedur inventaris
3. Kegiatan
Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan post test dan selanjutnya ditutup dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Modul SMK
2.
Buku buku yang relevan
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Evaluasi dan
praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar