RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan pelayanan prima
B. Kompetensi Dasar
1.
Melakukan komunikasi di tempat kerja dan
memberikan bantuan kepada pelanggan
C. Indikator
1.1
Melaksanakan komunikasi dengan pelenggan
secara terbuka, ramah dan sopan
1.2
Mencari solusi yang fleksibel dan
menyenangkan apabila terdapat perbedaan pendapat
1.3
Menerima dan memenuhi permintaan
pelanggan sesuai dengan waktu yang telah disepakati
1.4
Mengidentifikasi peningkatan kualitas
layanan sesuai dengan situasi dan kondisi
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu melaksanakan
komunikasi di tempat kerja
2.
Peserta didik mampu memberikan bantuan
untuk pelanggan internal dan eksternal
3.
Peserta didik mampu menjaga standar
prestasi personal/perorangan
4.
Peserta didik mampu melakukan pekerjaan
secara tim
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a.
Salam pembuka
b.
Absensi
2. Kegiatan Inti
a.
Melaksanakan komunikasi dengan pelanggan
secara terbuka, ramah dan sopan
ü Menggunakan
bahasa dan intonasi yang tepat dan baik
ü Menggunakan
bahasa tubuh yang alami/natural tidak dibuat buat
ü Menggunakan
teknik komunikasi dua arah secara aktif dan efektif
ü Mencari
solusi yang fleksibel dan menyenangkan apabila terdapat perbedaan pendapat
b.
Melakukan komunikasi dengan ramah dan
sopan dan dapat menginformasikan pengetahuan produk yang tepat
ü Menerima
dan memenuhi seluruh permintaan pelanggan sesuai waktu yang telah disepakati
bersama
ü Mengidentifikasi
dan melaksanakan peningkatan kualitas layanan sesuai dengan situasi dan kondisi
ü Menangani
secara positif, ramah dan sopan keluhan pelanggan
ü Menindaklanjuti
keluhan pelanggan sesuai keluhanya secara profesional
c.
Melakukan standar kualitas prestasi
personal dengan mempertimbangkan lokasi kerja, prosedur keselamatan kerja,
persyaratan prestasi khusus untuk fungsi kerja tertentu
ü Menata
personal dengan tepat dan sesuai bidang pekerjaanya
ü Memperbaharui
standar kualitas prestasi personal secara berkala untuk terus meningkatkan
kualitas layanan prima
d.
Memperhatikan kepercayaan, dukungan dan
hormat kepada anggota tim dlam aktifitas sehari hari
ü Mengakomodasikan
peebedaan social dalam tim antar sesame anggota tim
ü Menyepakati
dan melaksanakan tujuan kerja tim secara bersama
ü Mengidentifikasikan,
memprioritaskan dan menyelesaikan tanggung jawab individu dalam jangka waktu
yang telah ditentukan
ü Mempertimbangkan
informasi dan umpan balik dari anggota tim lain
3. Kegiatan Akhir
Pembelajaran diakhiri dengan pust test dan ditutup
dengan salam
F. Sumber Pembelajaran
Modul SMK
G. Metode
Demontrasi dan tanya
jawab serta evaluasi
H. Penilaian
1.
Evaluasi
2.
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Membaca sketsa mode/Faham gambar
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menganalisa sketsa/faham gambar dan
memilih bahan pelengkap pakaian
C.
Indikator
1.1
Mengidentifikasi ganbar pakaian dengan
tepat dan benar
1.2
Membuat gambar kerja sesuai hasil
analisa
1.3
Menentukan bahan pakaian sesuai gambar
dengan tepat
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu menganalisa sketsa/faham gambar
2. Peserta
didik mampu memilih bahan dan pelengkap pakaian
E.
Materi Ajar
1.
Cara mengidentifikasi gambar pakaian
dengan tepat dan benar
2.
Cara menentukan bahan pakaian sesuai
dengan gambar
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka dan
absensi
2.
Kegiatan Inti
a.
Peseta didik menganalisa gambar pakaian
dengan tepat dan benar
b.
Peserta didik memilih bahan pakaian
sesuai dengan gambar dengan tepat, dilihat dari jatuhnya bahan, model dan
bentuk pakaian
c.
Peserta didik menentukan perlengkapan
pakaian bisban, renda, jenis kancingnya, besar kancingnya dan lain lain
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaan
diakhiri dengan post test dan ditutup dengan do’a serta salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku diktat dari Dinas Pendidikan
2.
Buku yang relevan
H.
Metode
Ceramah, demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Hasil praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Mengukur tubuh
B.
Kompetensi Dasar
1.
Melaksanakan persiapan dan alat kerja
serta mengukur bentuk tubuh pelanggan
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan alat untuk mengukur tubuh
dengan tepat
1.2
Menerapkan keselamatan kerja sesuai
prosedur
1.3
Mengidentifikasi ukuran yang diperlukan
untuk mengukur tubuh
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu melakukan persiapan
tempat dan alat kerja
2.
Peserta didik mampu mengukur tubuh
pelanggan
3.
Peserta didik mampu melakukan persiapan
alat pengukur tubuh dengan benar
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja secara
ergonomis
2.
Cara menyiapkan alat untuk mengukur
tubuh dengan lengkap
3.
Cara mengidentifikasi ukuran yang
diperlukan untuk mengukur tubuh
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
dan absensi
2.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menyiapkan tempat kerja secara
ergonomis ( sesuai dengan tinggi tubuh) untuk meletakan alat ukur dan
perlengkapanya
ü Menyiapkan
alat untuk megukur tubuh, yaitu : pita ukur, ban petir, buku tulis,
bolpoint/alat tulis lain dan gambar model
2.
Pesrta didik melakukan pengukuran tubuh
dengan sikap yang baik sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu :
ü Mengatur
posisi tubuh ketika berdiri dengan benar
ü Disarankan
tidak membolak balik tubuh yang akan diukur
ü Tidak
berbicara ketika melakukan pengukuran tubuh
ü Melakukan
pengukuran tubuh berdasarkan bentuk tubuh pelanggan
ü Melakukan
pengukuran sesuai model/permintaan pelanggan
3.
Kegiatan Akhir
Kegiatan
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku teori praktis Dinas Pendidikan
2.
Buku teori praktis IPBI
3.
PSMI
4.
Buku pembuatan pola porri muliaman
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab dan praktek
I.
Penilaian
Hasil Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Membuat pola di
tas kertas ( pola 1 )
B.
Kompetensi Dasar
1.
Melakukan persiapan tempat dan alat
kerja serta membuat pola di atas kertas sesuai dengan ukuran pelanggan
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
( disesuaikan dengan tinggi dan kenyamanan kerja )
1.2
Menyiapkan peralatan untuk membuat pola
sesuai dengan kebutuhan
1.3
Mengidentifikasi model/desain pakaian
yang akan dibuat polanya
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu melakukan persiapan
tempat dan alat kerja
2.
Peserta didik mampu membuat pola dasar
pakaian
3.
Peserta didik mampu mengubah pola dasar
pakaian
4.
Peserta didik mampu memeriksa dan
menggunting seluruh pola dan pelengkap pola
5.
Peserta didik mampu membuat pola dasar,
mengubah pola, memeriksa dan menggunting serta merapikan alat dan tempat kerja
dengan benar
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan peralatan untuk membuat
pola sesuai kebutuhan, yaitu : jarum pentul, pita ukuran, kapur jahit, garisan
panjang, garisan bentuk untuk kerung leher, kerung lengan, sisi pinggul dan
pinggang
2.
Identifikasi model/desain pkaian yang
akan dibuat polanya
3.
Cara mengerjakan pembuatan pola sesuai
dengan metode yang dipilih
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
dan dan do’a serta absensi
2.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik tempat kerja secara
ergonomis ( disesuaikan dengan tinggi dan kenyamanan kerja )
b.
Menyiapkan peralatan untuk membuat pola
sesuai kebutuhan, yaitu : jarum pentul, pita ukuran, kapur jahit, garisan
panjang, garisan bentuk untuk kerung leher, kerung lengan, sisi pinggul dan
pinggang
c.
Membuat pola dasar sesuai dengan ukuran
pelanggan
ü Membuat
pola dasar pakaian sesuai dengan model yang dipilih
d.
Mengubah pola dasar pakaian sesuai
dengan model dan memberi tanda pola pada pola yang sudah selesai diubah, sesuai
dengan model pakaian
e.
Memeriksa seluruh bagian pola sesuai
dengan desain dan ukuran
ü Memeriksa
tanda pola dan arah serat kain/bahan sesuai model
ü Menggunting
bagian pola tepat pada garis pola sesuai dengan keselamatan kerja
ü Memeriksa
jumlah potongan pola sesuai dengan desain
ü Melipat
pola, menyimpan dan melengkapi identitas model sesuai SOP yang berlaku
f.
Memeriksa dan menyimpan alat dan
perlengkapan kerja sesuai prosedur inventaris
g.
Merapikan tempat kerja sesuai prosedur
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan salam dan berdo’a
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku Bina Busana ( MH. Wancik )
2.
Buku Konstruksi pola busana wanita (
Dra. Porrie Muliawan )
3.
Buku Tata Busana metode praktis Diknas
4.
Buku pembuatan pola dan perubahan model
pakaian wanita dan pria ( Diknas )
H.
Metode
Ceramah, Tanya
jawab dan praktek
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Membuat pola di
atas kain ( pola 2 )
B.
Kompetensi Dasar
1.
Melakukan persiapan tempat dan alat
kerja, mengubah pola dasar serta memeriksa dan menggunting seluruh pola dan
pelengkap pola
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Menyiapkan peralatan untuk membuat pola
sesuai dengan kebutuhan
1.3
Merubah pola dasar pakaian sesuai dengan
desain, teknik dan auturan yang berlaku
1.4
Memeriksa seluruh pola, sesuai dengan
desain dan ukuran bentuk tubuh pelanggan
1.5
Menggunting bagian pola tepat pada garis
pola sesuai dengan prosedur dan keselamatan kerja
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu membuat pola di atas
kain, menggunting dan merapikan alat serta tempat kerja dengan benar
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja Menyiapkan
tempat kerja secara ergonomis ( disesuaikan dengan tinggi dan kenyamanan kerja
)
2.
Cara merubah pola dasar pakaian sesuai
desain, teknik dan peraturan yang berlaku
3.
Cara memeriksa bagian pola sesuai dengan
ukuran dan desain bentuk tubuh pelanggan
4.
Cara menggunting bagian pola tepat pada
garis pola sesuai prosedur keselamatan kerja
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Salam pembuka, berdo’a dan absensi
2. Kegiatan
Inti
a.
Peserta didik menyiapkan tempat kerja
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis ( disesuaikan dengan tinggi dan
kenyamanan kerja ), meja ukuran standar, tinggi 75 cm, lebar 90 cm dan panjang
150 cm dalam keadaan bersih dan rata
b.
Menyiapkan peralatan untuk membuat pola
sesuai dengan kebutuhan, yaitu : kertas pola/kertas coklat, ban peter, peta
ukuran, pensil merah biru, garisan panjang, garisan bentuk kurung leher,
lengan, garis panggul dan pinggang
c.
Peserta didik membuat pola sesuai dengan
metode dan desain yang dipilih di atas kain
ü Membuat
pola di atas kain sesuai dengan ukuran pelanggan
d.
Peserta didik memeriksa seluruh bagian
pola sesuai ukuran dan desain pakaian
ü Memeriksa
tanda pola dan arah serat kain/bahan sesuai model
ü Menggunting
bagian pola tepat pada garis pola sesuai prosedur keselamatan kerja
ü Melipat
pola menyimpan dan melengkapi identitas model sesuai SOP yang berlaku
e.
Membuat pola sesuai dengan metode dan
desain yang dipilih di atas kain sesuai dengan ukuran pelanggan
3. Kegiatan
Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Teknik pembuatan pola dan perubahan
model pakaian wanita dan pria ( Diknas )
2.
Metode pola praktis ( Diknas )
3.
Konstruksi pola ( Dra. Porri Muliawan )
4.
Bina Busana ( MH. Wancik )
5.
Pecah model busana wanita ( Dra. Porri
Muliawan )
H.
Metode
Demontrasi,
Tanya jawab
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Membuat
presentasi untuk usaha pakaian
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan media presentasi dan
mengoperasikan media untuk presentasi
C.
Indikator
1.1
Menyiapan tempat untuk presentasi
1.2
Merencanakan konsep presentasi sesuai
dengan topik
1.3
Menyiapkan bahan bahan presentasi yang
relevan dengan topik dan teknik presentasi
1.4
Mengoperasikan whiteboard manual dan
atau LCD Proyektor sesua prosedur
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pesrta didik mampu menyiapkan media
presentasi
2.
Peserta didik mampu mengoperasikan media
untuk presentasi
3.
Peseta didik mampu mempresentasikan
materi
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan media presentasi ssuai
tempat dan teknik presentasi
2.
Cara memilih materi presentasi sesuai
dengan topiknya
3.
Cara menggunakan whiteboard manual dan
cara mengoperasikan LCD proyektor
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Salam
pembuka dan absensi
2. Kegiatan
Inti
a.
Melakukan tanya jawab seputar materi
b.
Memberi pengarahan mengenai konsep
sesuai dengan topik presentasi dari awal hingga akhir yaitu teknik menutup
presentasi dengan baik dan benar
3. <.span>Kegiatan
Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
Buku sumber
kewirausahaan
H.
Metode
Ceramah, Tanya
jawab
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
keren bun semoga sukses selalu
BalasHapus