RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Penyelia/Supervisor
Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A. Standar Kompetensi
Membimbing karyawan
B. Kompetensi Dasar
1.
Melakukan bimbingan terhadap karyawan
C. Indikator
1.1
Memberi pengarahan kepada karyawan dalam
melaksanakan pekerjaanya sesuai teknik dan langkah kerja yang telah ditetapkan
1.2
Memberi bimbingan kepada karyawan dalam
melayani kebutuhan pelanggan dengan baik
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu melaksanakan atau melakukan bimbingan terhadap karyawan
2. Peserta
didik mampu melakukan bimbingan kepada karyawan dalam menjalin hubungan kerja
yang baik dengan sesame rekan kerja dan mapu menjalin kerjasama
E. Materi Ajar
1.
Cara memberi pengarahan kepada karyawan
dalam melaksanakan pekerjaanya sesuai teknik dan langkah kerja yang telah
ditetapkan
2.
Cara memberi bimbingan kepada karyawan
dalam melayani kebutuhan pelanggan dengan baik
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a.
Salam pembuka
b.
Absensi
2. Kegiatan Inti
a.
Melakukan komunikasi seputar materi
b.
Memberi pengarahan kepada karyawan dalam
melaksanakan pekerjaan sesuai teknik dan langkah kerja yang telah ditetapkan
c.
Memberi pengarahan kepada karyawan untuk
mencapai kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan pekerjaanya
d.
Memberi bimbingan kepada karyawan dalam
melayani kebutuhan pelanggan dengan baik
e.
Memberi bimbingan kepada karyawan dalam
menanggapi keluhan, kritik dan saran dari pelanggan
f.
Memberi bimbingan kepada karyawan dalam
pembagaian tugas kerjasama
g.
Memberi bimbingan kepada karyawan untuk
bekerjasama dalam tim
3. Kegiatan Akhir
Pembelajaran diakhiri dengan salam
G. Sumber Pembelajaran
Buku
kewirausahaan
H. Metode
Ceramah dan
Tanya jawab
I. Penilaian
Evaluasi
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Penyelia/Supervisor
Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Menetapkan teknik pembuatan pakaian
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menetapkan teknik penjahitan pakaian
sesuai dengan bahan, ukuran dan model
C.
Indikator
1.1
Memilih kampuh yang akan digunakan
sesuai dengan bahan dan model pakaian dan menetapkanya
1.2
Memilih teknik menjahit kupnat, menjahit
lengan, menjahit kerah, menjahit lapisan, teknik penyelesaian kelim, teknik
penyelesaian rumah kancing, teknik penyelesaian hiasan dengan bahan dan model
pakaian dan menetapkanya
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu menetapkan teknik menjahit pakaian sesuai dengan bahan dan model
2. Peserta
didik mampu menetapkan teknik penyelesaian pakaian
E.
Materi Ajar
Teknik menjahit kupnat, menjahit lengan, menjahit
kerah, menjahit lapisan, teknik penyelesaian kelim, teknik penyelesaian rumah
kancing, teknik penyelesaian hiasan sesuai dengan bahan dan model pakaian dan
menetapkanya
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam dan absensi
2.
Kegiatan Inti
a.
Melakukan tanya jawab seputar materi
b.
Memberi pengarahan tentang penyelesaian
kampuh yang akan digunakan sesuai dengan model dan bahan pakaian
c.
Memberi pengarahan tentang menjahit
kupnat, menjahit lengan, menjahit kerah, menjahit lapisan, teknik penyelesaian
kelim, teknik penyelesaian rumah kancing, teknik penyelesaian hiasan sesuai
dengan bahan dan model pakaian
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaan
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku Diktat
2.
Buku Busana Wanita ( Dra. Porri Muliawan
)
3.
Buku teori praktis ( IPBI )
4.
PSMI
H.
Metode
Ceramah, Tanya
jawab dan pemberian tugas
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Penyelia/Supervisor
Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Membuat sampel
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan tempat, alat kerja dan menjahit
sampel sesuai dengan desain, ukuran dan teknik jahit
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Menyesuaikan setikan sesuai dengan jenis
bahan
1.3
Menjahit bagian bagian potongan bahan
sesuai dengan prosedur
D.
Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta didik mampu menyiapkan tempat
dan alat kerja
b.
Pesrta didik mampu menjahit pakaian
dalam desain ukuran dan teknik menjahit pakaian
c.
Peserta didik mampu menyelesaikan
pemeriksaan terhadap hasil jahitan
d.
Peserta didik mampu menyelesaikan
penyelesaian akhir
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja secara
ergonomis
2.
Cara memriksa kelengkapan bagian bagian
potongan bahan sesuai dengan pola dan desain
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka, Absensi
2.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menyiapkan tempat kerja
sesuai dengan kebutuhan
2.
Melakukan komunikasi seputar materi
3.
Memberikan penjelasan tentang materi
membuat sampel dari awal hingga akhir sesuai dengan prosedur
3.
Kegiatan Akhir
Kegiatan
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Modul SMK Tata Busana
H.
Metode
Cearamah san
Tanya jawab
I.
Penilaian
Evaluasi
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Penyelia/Supervisor
Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Menjahit dengan
mesin III
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyiapkan tempat, alat kerja dan mengoperasikan
mesin jahit
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja bersih, nyaman
dan sirkulasi udara lancer
1.2
Menyiapkan alat jahit sesuai kebutuhan
1.3
Mencoba setikan mesin yang telah
disetel/diatur pada sehelai kain untuk memastikan hasil setikan jahitan dalam
kondisi teratur jaraknya dan rapi
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menyiapkan tempat
dan alat kerja
2.
Peserta didik mampu mengoperasikan mesin
jahit
3.
Peserta didik mampu menjahit fragmen,
bagian bagian potongan pakaian
4.
Peserta didik mampu mengemas tempat dan
alat kerja
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat kerja
2.
Cara menyiapkan alat jahit sesuai dengan
kebutuhan
3.
Cara mencoba setikan mesin pada sehelai
kain
4.
Cara emeriksa hasil jahitan sesuai
standar
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
dan Absensi
2.
Kegiatan Inti
a.
Melakukan Tanya jawab sesuai dengan
materi
b.
Memberi penjelasan mengenai tempat
kerja, alat kerja dan bagaimana menyesuaikan sikap kerja serta bagaimana
merawat alat jahit sesuai prosedur inventaris
3.
Kegiatan Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku busana wanita
2.
Teori praktis Diknas Pendidikan
3.
Teori praktis IPBI
H.
Metode
Ceramah, Tanya
jawab
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Lembaga : LKP “ Malia Rosa “
Program
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Penyelia/Supervisor
Pembuat Pakaian
Alokasi
Waktu :
A.
Standar Kompetensi
Mengawasi mutu
pekerjaan
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menyipakan alat, tempat kerja dan
melaksanakan pengecekan bahan utama dan bahan pelengkap
C.
Indikator
1.1
Menyiapkan tempat kerja secara ergonomis
1.2
Menyiapkan pengawasan mutu sesuai
kebutuhan
1.3
Memeriksa kualitas bahan utama dan
pelengkap sesuai dengan standar mutu
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menyiapkan tempat
dan alat kerja
2.
Peserta didik mampu melaksanakan
pengecekan bahan utama dan bahan peengkap
3.
Peserta didik mampu memeriksa
kelengkapan pola dan kain yang digantung
4.
Peserta didik mampu memeriksa kualitas
hasil jahitan
5.
Peserta didik mampu merapikan tempat dan
alat kerja
E.
Materi Ajar
1.
Cara menyiapkan tempat dan alat kerja
2.
Alat alat yang diperlukan untuk
pengawasan mutu sesuai dengan kebutuhan
3.
Cara memeriksa kualitas bahan utama dan
bahan pelengkap sesuai dengan standar mutu
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Salam pembuka dan absensi
2. Kegiatan
Inti
a.
Melaksanakan komunikasi seputar materi
b.
Memberi penjelasan mengenai pengawasan terhadap
mutu pekerjaan yang meliputi urutan langkah kerja penjahitan sesuai prosedur
3. Kegiatan
Akhir
Pembelajaran
diakhiri dengan salam
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Pengalaman
H.
Metode
Ceramah, Tanya
jawab
I.
Penilaian
Praktek
Blitar, …………………..
Instruktur
MAMIK WIYATI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar